KARAMBANGAN YANG TERLUPAKAN

Karambangan adalah salah satu hasil kesenian dari Propinsi Sulawesi Tengah tepatnya di kabupaten poso. Tepatnya karambangan adalah salah satu musik yang di mainkan dengan alat musik gitar dan di nyanyikan dengan lirik-lirik (kayori) yang berasal dari bahasa pamona, mori, bada, napu dll. Bukan itu saja karambangan pun dapat di mainkan dengan berbagai macam alat musik tradisional lainnya seperti geso-geso (alat musik berbentuk Biola dengan 1 senar) atau pun juk, dengan tidak melupakan alat musik gitar sebagai alat musik yang terpenting dalam karambangan.







Seperti halnya dero, karambangan sangat lekat dengan masyarakat poso terutama pamona, mori, napu, bada dll. Karena karambangan adalah salah satu kesenian yang tidak dapat di pisahkan dari suku-suku tersebut, walaupun faktanya suku mori telah berpisah dari Kabupaten Poso tapi dalam hal kebudayaan tidak ada yang dapat merubah, mengganti, atau pun menghilangkan kebudayaan tersebut.

Tapi sayangnya begitu terjadinya konflik di tahun 2000, karambagan seakan-akan ikut menghilang di antara tangisan dan kesedihan masyarakat poso.

Contohnya dapat kita lihat pada saat ini, ketika diadakan kegiatan-kegiatan kesenian seperti Festival Budaya atau kegiatan kesenian dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia 17 agustus, karambangan kurang diikut sertakan dalam kegiatan tersebut bahkan tidak ada sama skali.

Pertanyaan yang timbul adalah ini murni kesalahan dari zaman yang semakin berkembang? ataukah pemerintah yang kurang memperhatikan perkembangan kebudayaan? Yang dapat menjawab hanyalah waktu dan kita sebagai masyarakat asli poso. Apa yang dapat kita lakukan agar karambangan tetap hidup dan berkembang.

Apakah karambangan itu hanya mampu untuk kita kenang, apakah kita hanya mampu bercerita kepada generasi-genarasi penerus bangsa kelak dengan rasa bangga bahwa karambangan adalah salah satu bagian dari kebudayaan kita yang telah mati.


sumber:http://lipukupamona.blogspot.com/





Artikel Terkait:

Comments :

0 komentar to “KARAMBANGAN YANG TERLUPAKAN”

Posting Komentar

Subscribe
 

About Me

Foto saya
peace and freedom, kata2 yang selalu ada dalam benak dan hati ku,,from bob marley

FEEDJIT Live Traffic Feed

top sites info


Search Engine Optimization and SEO Tools
Blog Search: The Source for Blogs

pengunjung

teman

Blog Archive